Tutorial Surat Izin Mengemudi (SIM) Sopir Angkot


Jenis-Jenis SIM Sopir Angkot



Ada dua jenis SIM Sopir Angkot yang dapat dikeluarkan oleh pihak kepolisian, yaitu SIM A dan SIM B. SIM A diberikan untuk sopir angkot yang mengemudikan kendaraan dengan kapasitas penumpang di atas 15 orang, sementara SIM B diberikan untuk sopir angkot yang mengemudikan kendaraan dengan kapasitas penumpang di bawah 15 orang.


Syarat-Syarat Membuat SIM Sopir Angkot



Untuk membuat SIM Sopir Angkot, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh para calon pemohon. Syarat tersebut meliputi:
- Fotokopi KTP
- Fotokopi Kartu Keluarga
- Surat keterangan sehat dari dokter
- Surat keterangan bebas narkoba dari lembaga yang berwenang
- Surat keterangan catatan kepolisian (SKCK)


Biaya Membuat SIM Sopir Angkot



Biaya membuat SIM Sopir Angkot tergantung pada wilayah masing-masing. Namun, secara umum biaya tersebut berkisar antara Rp 200.000 hingga Rp 300.000.


Proses Membuat SIM Sopir Angkot



Proses pembuatan SIM Sopir Angkot dimulai dengan pengumpulan berkas-berkas yang dibutuhkan. Setelah itu, calon pemohon akan diwajibkan untuk mengikuti ujian teori dan ujian praktek. Ujian teori meliputi materi tentang rambu-rambu lalu lintas, sedangkan ujian praktek meliputi materi tentang mengemudi kendaraan angkot.


Cara Memperpanjang SIM Sopir Angkot



SIM Sopir Angkot memiliki masa berlaku selama 5 tahun. Setelah masa berlaku habis, pemilik SIM harus memperpanjangnya dengan mengikuti ujian teori dan ujian praktek kembali.


Sanksi Bagi Sopir Angkot Tanpa SIM



Bagi sopir angkot yang tidak memiliki SIM dan tetap mengemudikan kendaraannya di jalan raya, akan dikenakan sanksi berupa denda dan atau pidana penjara. Sanksi tersebut berlaku bagi sopir angkot yang tertangkap oleh petugas kepolisian saat melakukan pelanggaran lalu lintas.


Kesimpulan



Dengan memiliki SIM Sopir Angkot, para sopir angkot diharapkan dapat mengemudikan kendaraannya dengan aman dan bertanggung jawab serta mematuhi aturan lalu lintas yang berlaku. Proses pembuatan SIM Sopir Angkot juga dapat membantu para sopir angkot untuk memperoleh pengetahuan yang lebih luas tentang rambu-rambu lalu lintas dan cara mengemudikan kendaraan yang baik dan benar.

close